Menu
Kesan Pertama Saat Date Penting atau Tidak?

Kesan Pertama Saat Date: Penting atau Tidak?

Simak tips-tips membuat kesan pertama yang baik saat date, hal-hal yang harus dihindari, dan cara mengetahui kesan pasangan kamu.

Vozcopuor 8 months ago 0 77

Halo, sobat jaksel! Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu, ya. Kali ini, kita mau ngobrolin tentang sesuatu yang pasti bikin kamu penasaran: kesan pertama saat date. Apakah itu penting atau tidak? Bagaimana cara membuat kesan pertama yang baik? Apa saja yang harus dihindari? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa itu Kesan Pertama?

Kesan pertama adalah kesan yang timbul di benak seseorang ketika pertama kali bertemu dengan orang lain. Kesan pertama bisa berupa penilaian, perasaan, atau kesan secara umum tentang orang tersebut. Kesan pertama bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti penampilan, cara berbicara, sikap, gestur, bahasa tubuh, dan lain-lain.

Mengapa Kesan Pertama Penting?

Kesan pertama penting karena bisa mempengaruhi hubungan kita dengan orang lain di masa depan. Kesan pertama bisa menentukan apakah kita ingin melanjutkan komunikasi dengan orang tersebut atau tidak. Kesan pertama juga bisa mempengaruhi persepsi kita terhadap orang tersebut, baik secara positif maupun negatif. Kesan pertama bisa sulit untuk diubah, karena biasanya orang sudah membentuk opini awal berdasarkan kesan pertama.

Bagaimana Membuat Kesan Pertama yang Baik Saat Date?

Saat date, tentu kita ingin membuat kesan pertama yang baik kepada pasangan kita, agar hubungan kita bisa berlanjut ke tahap selanjutnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat kesan pertama yang baik saat date:

  • Siapkan diri kamu dengan baik. Pastikan kamu sudah mandi, berpakaian rapi, wangi, dan bersih. Pilih pakaian yang sesuai dengan tempat dan suasana date kamu. Jangan terlalu formal atau terlalu santai. Tunjukkan bahwa kamu peduli dengan penampilan kamu dan menghargai pasangan kamu.
  • Datang tepat waktu. Jangan membuat pasangan kamu menunggu terlalu lama, karena itu bisa menimbulkan kesan buruk. Jika kamu terlambat, segera hubungi pasangan kamu dan minta maaf. Jangan lupa untuk membawa hadiah kecil sebagai tanda perhatian, seperti bunga, cokelat, atau buku.
  • Tunjukkan sikap sopan dan ramah. Sapa pasangan kamu dengan senyum dan tatapan mata yang tulus. Jangan lupa untuk membuka pintu, menarik kursi, atau membantu pasangan kamu saat diperlukan. Gunakan kata-kata yang sopan dan hormat, seperti terima kasih, maaf, atau silakan. Hindari kata-kata kasar, vulgar, atau menyinggung.
  • Jadilah diri sendiri. Jangan berpura-pura menjadi orang lain yang kamu kira lebih menarik atau lebih baik. Jujurlah tentang diri kamu, minat kamu, dan harapan kamu. Tunjukkan kepribadian kamu yang asli, baik itu lucu, cerdas, atau kreatif. Jangan berbohong atau menutupi kekurangan kamu, karena itu bisa merusak kepercayaan pasangan kamu.
  • Dengarkan dan bicarakan hal yang menarik. Jangan hanya bicara tentang diri kamu sendiri, tapi juga dengarkan apa yang pasangan kamu katakan. Tunjukkan ketertarikan dan empati dengan mengangguk, tersenyum, atau bertanya. Bicarakan hal yang menarik bagi kalian berdua, seperti hobi, film, musik, atau impian. Hindari topik yang sensitif, seperti politik, agama, mantan, atau masalah pribadi.
  • Berikan pujian yang tulus. Jangan ragu untuk memberikan pujian yang tulus kepada pasangan kamu, baik itu tentang penampilan, kepribadian, atau prestasi. Pujian bisa membuat pasangan kamu merasa dihargai dan disukai. Tapi, jangan berlebihan atau palsu, karena itu bisa membuat pasangan kamu merasa tidak nyaman atau curiga.
Read This :  Cinta Remaja di Kampus: Seru, Asyik, Tapi Banyak Masalah

Apa Saja yang Harus Dihindari Saat Date?

Selain melakukan hal-hal yang bisa membuat kesan pertama yang baik, ada juga hal-hal yang harus dihindari saat date, karena bisa membuat kesan pertama yang buruk. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari saat date:

  • Menggunakan ponsel terus-menerus. Jangan sibuk dengan ponsel kamu saat date, karena itu bisa menunjukkan bahwa kamu tidak tertarik atau tidak menghormati pasangan kamu. Matikan atau diamkan ponsel kamu, dan fokuskan perhatian kamu kepada pasangan kamu. Jika kamu harus menggunakan ponsel, minta izin terlebih dahulu dan selesaikan secepatnya.
  • Mengkritik atau menghakimi pasangan kamu. Jangan mengkritik atau menghakimi pasangan kamu, baik itu tentang penampilan, cara berbicara, sikap, atau pilihan. Kritik atau hukuman bisa membuat pasangan kamu merasa tidak nyaman, tersinggung, atau marah. Hormati perbedaan dan kesukaan pasangan kamu, dan jangan memaksakan pendapat atau kehendak kamu.
  • Membicarakan hal-hal negatif. Jangan membicarakan hal-hal negatif, seperti keluhan, masalah, trauma, atau rasa takut. Hal-hal negatif bisa membuat suasana date menjadi suram, canggung, atau menakutkan. Cobalah untuk membicarakan hal-hal positif, seperti harapan, cita-cita, atau pengalaman menyenangkan. Hal-hal positif bisa membuat suasana date menjadi ceria, nyaman, atau menggairahkan.
  • Bersikap terlalu agresif atau pasif. Jangan bersikap terlalu agresif atau pasif saat date, karena itu bisa membuat pasangan kamu merasa tertekan atau diabaikan. Bersikaplah seimbang, yaitu antara menunjukkan ketertarikan dan memberi ruang. Jangan terlalu cepat atau terlalu lambat untuk mengambil inisiatif, seperti menyentuh, mencium, atau mengajak ke tempat lain. Baca situasi dan sinyal yang diberikan pasangan kamu, dan jangan melanggar batas yang sudah disepakati.
Read This :  Gen Z Banyak Pikiran? Mikirin Apa si?

Bagaimana Mengetahui Kesan Pertama yang Diberikan Pasangan Kamu?

Setelah date, kamu mungkin penasaran tentang kesan pertama yang diberikan pasangan kamu. Apakah dia suka atau tidak dengan kamu? Apakah dia ingin bertemu lagi atau tidak? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kesan pertama yang diberikan pasangan kamu:

  • Perhatikan bahasa tubuh pasangan kamu. Bahasa tubuh adalah salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan atau sikap seseorang. Perhatikan apakah pasangan kamu menunjukkan bahasa tubuh yang positif atau negatif saat date. Bahasa tubuh yang positif, seperti tersenyum, menatap mata, menyentuh, atau mendekat, bisa menunjukkan bahwa pasangan kamu suka dan tertarik dengan kamu. Bahasa tubuh yang negatif, seperti mengernyit, menghindar, menutup, atau menjauh, bisa menunjukkan bahwa pasangan kamu tidak suka atau tidak tertarik dengan kamu.
  • Dengarkan kata-kata pasangan kamu. Kata-kata adalah salah satu cara untuk menyampaikan pikiran atau pendapat seseorang. Dengarkan apakah pasangan kamu mengucapkan kata-kata yang positif atau negatif saat date. Kata-kata yang positif, seperti memuji, bercanda, atau berbagi, bisa menunjukkan bahwa pasangan kamu senang dan nyaman dengan kamu. Kata-kata yang negatif, seperti mengkritik, mengeluh, atau berdiam, bisa menunjukkan bahwa pasangan kamu bosan atau tidak nyaman dengan kamu.
  • Hubungi pasangan kamu setelah date. Hubungan adalah salah satu cara untuk mempertahankan atau mengembangkan hubungan dengan seseorang. Hubungi pasangan kamu setelah date, baik itu melalui telepon, pesan, atau media sosial. Ucapkan terima kasih atas waktu yang dihabiskan bersama, dan tanyakan kabar atau rencana pasangan kamu. Jika pasangan kamu merespon dengan cepat, ramah, atau antusias, itu bisa menunjukkan bahwa pasangan kamu puas dan ingin melanjutkan hubungan dengan kamu. Jika pasangan kamu merespon dengan lambat, dingin, atau singkat, itu bisa menunjukkan bahwa pasangan kamu kecewa dan tidak ingin melanjutkan hubungan dengan kamu.
Read This :  The Top 10 Bridal Shops in the USA You Need to Visit

Masih Belum Paham? Oke Kita Ringkas

Kesan pertama saat date adalah kesan yang timbul di benak seseorang ketika pertama kali bertemu dengan pasangan nya. Kesan pertama penting karena bisa mempengaruhi hubungan kita dengan pasangan kita di masa depan. Kita bisa membuat kesan pertama yang baik dengan melakukan hal-hal yang positif, seperti menyiapkan diri, datang tepat waktu, bersikap sopan, jadi diri sendiri, dengarkan dan bicarakan hal yang menarik, dan berikan pujian. Kita juga harus menghindari hal-hal yang negatif, seperti menggunakan ponsel, mengkritik, membicarakan hal negatif, atau bersikap terlalu agresif atau pasif. Kita bisa mengetahui kesan pertama yang diberikan pasangan kita dengan memperhatikan bahasa tubuh, kata-kata, dan hubungan pasangan kita.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin membuat kesan pertama yang baik saat date. Jangan lupa untuk selalu percaya diri, bersikap santai, dan bersenang-senang. Selamat mencoba, sobat jaksel!

Tags
Written By

Tukang kopi sama baju cus cek instagramnya @anxietycoffeeid @anxietywearid

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *